Niagahoster

Cara Mengaktifkan Domain di Niagahoster

Bagi para pengguna jasa hosting Niagahoster (maupun yang baru akan menggunakan) pasti mengetahui bahwa Niagahoster menawarkan domain gratis selamanya untuk pembelian hosting selain paket bayi. Gratis di sini bukannya tanpa batasan, tetapi “hanya” gratis selama kita masih menggunakan jasa hosting Niagahoster. Tetapi ada satu masalah, tidak ada penjelasan bagaimana cara mengaktifkan domain di Niagahoster.

Sejenak kita bahas tentang domain gratis selamanya tadi. Hanya beberapa domain saja yang bisa digunakan dalam promosi domain gratis selamanya ini. Domain-domain tersebut adalah yang berakhiran .com, .info, .org, .net, .web.id, .sch.id, .co.id, .ac.id, dan .or.id. Tentunya untuk nama domain hanya untuk yang tersedia saja.

niagahoster-domain-gratis-selamanya

Cara Mendapatkan Domain Gratis Selamanya

Bagi yang belum pernah membeli hosting di Niagahoster maupun di jasa hosting lainnya, mungkin ada yang bertanya, bagaimana sih cara untuk mendapatkan domain gratis tersebut? Tenang saja, tidak ribet kok. Sesaat setelah kita memilih paket hosting manakah yang akan kita beli, nanti kita akan diberi pilihan tentang domain gratis yang akan kita pilih. Lagi-lagi hanya untuk yang masih tersedia ya.

Kan tidak mungkin, misalnya saja kita menginginkan domain google.com, padahal itu sudah menjadi miliknya Google Inc. Bisa-bisa saja sih. Caranya kita nego dulu sama Google, hahaha. Entah berapa juta dolar harganya :P.

Mungkin pada saat kita akan memilih domain gratis, ada tulisan harganya. Tetapi sebenarnya tidak. Itu gratis, karena sudah termasuk bonus pembelian hosting.

Cara Mengaktifkan Domain di Niagahoster

Kita kembali ke bahasa utama. Tidak ada penjelasan secara resmi bagaimana caranya agar kita bisa mengaktifkan domain gratis ini. Dicari di bagian FAQ (Frequently Asked Questions) Niagahoster pun saya tidak menemukan caranya.

Domain Pending Setup pada Niagahoster

Salah satu tanda bahwa domain kita belum aktif adalah masih tertulis “Pending Setup”. Harusnya jika domainnya sudah aktif makan akan tertulis “Active”.

Pernah saya tunggu hingga lebih dari 8 jam sejak pembelian hosting baru, tetapi domainnya belum aktif juga. Ada kemungkinan bahwa domainnya baru diaktifkan pada hari berikutnya. Ini cuma dugaan saya saja lho. Karena mungkin Niagahoster baru menumpuk list domain yang harus diaktifkan pada hari ini, baru kemudian esoknya semua domain tersebut diaktifkan semua.

Tanda lainnya? Cek saja langsung domainnya dengan cara mengakses via browser. Jika domainnya belum aktif maka nanti akan terlihat pengumuman tentang domain tidak ditemukan atau semacamnya.

Berikut ini adalah tampilan ketika saya mencoba mengakses domain blog ini pada saat belum diaktifkan.

Contoh Domain Belum Aktif

Halaman yang menampilan pengumuman ketidaksediaan domain tergantung dari ISP (Internet Service Provider) yang kita pakai masing-masing. Tampilan di atas adalah ketika saya menggunakan Telkom Speedy. Memang biasanya kita akan disasarkan ke v3.mercusuar.uzone.id jika kita mengakses domain yang tidak aktif ketika menggunakan Telkom Speedy/IndiHome dan sebangsanya.

Lho, cara cepatnya bagaimana dong?

Mudah. Tinggal kita hubungi saja Niagahoster, entah bagaimanapun caranya. Bisa via telepon, via tiket, via live chat, maupun via sosial media. Itu sudah urut berdasarkan cepat tidaknya respon dari mereka.

Via telepon —> Jika terhubung maka bisa diaktifkan secepatnya.

Via tiket —> Jika mempunyai hosting bisnis bisa diaktifkan dalam waktu 30-60 menit, jika tidak bisa diaktifkan dalam waktu 60 menit ke atas.

Via live chat —> Kurang lebih sama seperti tiket non-bisnis, 60 menit ke atas.

Via media sosial —> Tergantung hoki, kalau ada admin yang sedang online di sosmed mereka ya untung, bisa segera diaktifkan. Sedangkan jika tidak bisa lebih dari 1 hari.

Saya pribadi sih lebih suka via tiket, karena kebetulan saya mempunyai hosting bisnis. Jadi dalam waktu 30-60 menit sudah ada respon dari Niagahoster. Dan juga jika via tiket nanti ada arsip percakapan yang kita lakukan dengan pihak Niagahoster. Bisa digunakan sebagai rujukan suatu saat nanti jika kita lupa dan kebetulan ada kasus yang sama.

Ngomongnya bagaimana? Langsung to the point saja, jika via tiket pada judulnya bisa kita ketikkan “Pengaktifan doman saya.com” dengan isi kurang lebih meminta bantuan untuk pengaktifan domain tersebut.

Nah, jika domain sudah aktif nanti hasilnya menjadi seperti ini. Bye-bye mercusuar.

Contoh Domain yang Sudah Aktif

Jika domain sudah aktif semuanya menjadi lebih mudah kan? Tinggal kita install WordPress, Joomla, or whatever yang kita mau pada domain tersebut. Sub domainnya-sub domainnya juga bisa kita gunakan juga lho.

Mudah bukan? Selamat mengaktifkan domain :).

One Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: