Tahapan Ganti Kartu 4G Telkomsel via GraPari

simPATI Telkomsel

Smartphone sudah ganti dengan yang baru dan support 4G, jaringan Telkomsel di Malang juga sudah support 4G. Tinggal kartunya saja nih yang belum mendukung. Dulu sempat ada program ganti kartu 4G Telkomsel via online, tetapi sekarang sudah tidak ada lagi. Alhasil, ke GraPari saja kalau begitu. Toh, lebih cepat tidak perlu menunggu kiriman paket.

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah tahapan ganti kartu 4G Telkomsel via GraPari tidak sesimpel via online ataupun cara lainnya. Kenapa? Yang tidak simpel adalah syaratnya, karena yang menukarkan kartu sim haruslah pemilik nomor tersebut, tidak bisa diwakilkan. Bisa sih diwakilkan, tetapi harus dengan surat kuasa. Nah, masalahnya kalau titip begitu kan biasanya karena pemilik kartu yang asli sedang di luar kota atau berhalangan. Itu sih yang bikin ribet.

Jadi yang harus disiapkan sebelum menukarkan kartu SIM adalah beberapa hal berikut ini:

Smartphone Sudah Support 4G (Opsional)

Banyak yang bilang bahwa ini adalah salah satu syarat wajib jika ingin menukarkan kartu sim dengan kartu 4G. Padahal ya opsional saja. Walaupun handphone kita belum support 4G, tetapi bukankan lebih enak jika kita mengurus ganti kartu terlebih dahulu sebelum nantinya bisa membeli handphone (atau lebih tepatnya smartphone) yang sudah support 4G.

Jaringan di Kota Kita Sudah Menyediakan Layanan 4G (Opsional)

Ini juga opsional. Apa salahnya walaupun kota tempat kita tinggal belum menyediakan layanan 4G tetapi kita sudah bisa menukarkannya menjadi kartu 4G terlebih dahulu? Ingat peribahasa sedia payung sebelum hujan.

Kartu SIM yang Lama

Untuk yang ini anggap saja wajib. Karena dulu jika kita ingin menukarkan kartu SIM lama dengan kartu SIM yang baru kita harus membawa yang lama. Nantinya kartu yang lama ini harus diserahkan kepada pihak Telkomsel. Kita cuma membawa pulang kartu yang baru.

Tetapi mungkin untuk pergantian kartu lama dengan kartu 4G ada sedikit perbedaan. Karena waktu saya menukarkan sendiri ke GraPari, saya bisa membawa pulang kartu SIM yang lama berserta kartu SIM yang baru. Yang pasti tetap harus dibawa, karena bisa menjadi bukti bahwa kita memang mempunyai kartu SIM yang terhubung dengan nomor yang kita punya.

KTP Asli yang Masih Berlaku ataupun Kartu Identitas Sejenisnya

Wajib dibawa. Dan pastikan identitas pemilik kartu SIM sama dengan identitas KTP tersebut.

Siapkan Sejumlah Uang (+- 50 Ribu Rupiah)

Tergantung kebijakan GraPari masing-masing daerah. Ada yang menarik sejumlah iuran untuk biaya penggantian SIM, ada juga yang menggratiskan biayanya. Untuk amannya bawa saja uang 50 ribu rupiah, kemungkinan besar masih dapat kembalian lebih dari setengahnya kok.

 

Nah, tunggu apalagi. Langsung saja ke GraPari terdekat setelah menyiapkan syarat-syarat tersebut.

Leave a Reply